Pernahkah Anda mengalami kesusahan dalam memilih nama domain?. Atau terkadang sudah kepikiran, dan mencoba untuk memesan, ternyata sudah didahulukan oleh orang lain?.

Kenapa nama domain itu penting?

Nama domain mirip seperti nama Anda. Kalau sudah dipilih dan dipakai, akan susah untuk ganti ke domain lain. Anda bisa saja ganti domain di tengah jalan, tapi biasanya akan merasa seperti mulai lagi dari awal.

Di era digital secara, domain juga merupakan salah satu asset digital yang bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi apabila syarat & ketentuannya berhasil dilakukan. Makanya tidak heran banyak orang berlomba-lomba mengambil nama domain yang menarik sebagai investasi. Tidak berbeda dengan lahan tanah pada bisnis properti bukan?.

Sebelum menggunakan domain awkhost.web.id, sebelumnya kami pun pernah mengalami hal yang sama, yaitu AWK HOST ingin menggunakan nama AWKHOST.com tetapi ternyata sudah dimiliki oleh orang lain, dan justru menggunakan awkhost.web.id memberikan keuntungan tersendiri, apalagi mewakili Indonesia. bigsmile

Bagaimana caranya pilih domain yang menarik?

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk memilih sebuah domain masuk kategori ‘menarik’, antara lain:

  • Pendek

Nama domain diusahakan jangan panjang-panjang. Idealnya, nama domain tidak lebih dari 10 karakter. 6-8 malah lebih bagus. Kecuali domain tersebut adalah nama Anda dan memang panjang, seperti Andhika Wijaya Kurniawan, co-founder awkhost.web.id yang memiliki official blognya di www.andhikawijayakurniawan.com.

Awalnya AWKHOST ingin menggunakan www.awkdigitalmedia.com, tetapi sepertinya terlalu panjang dan bukan seperti layanan jasa hosting, melainkan seperti production house. Akhirnya diputuskan bersama memiliki AWKHOST dan karena pasti menyentuh area website dan berada di Indonesia, maka kami memiliki web.id sehingga menjadi www.awkhost.web.id. wink

  • Mudah Diingat

Idealnya nama domain memang harus mudah diingat, dan kalau sedang membangun brand dalam bisnis, usahakan memiliki domain yang saling terkait seperti awkhost.web.id ini atau awkacademy.co.id dan lainnya.

  • Konsisten

Ini yang paling penting, jarang sekali ada yang bisa konsisten mempertahankan nama domain mereka sehingga menjadi branding yang kuat. Kebanyakan klien kami juga mengalami hal yang sama, setahun tidak ramai pengunjung, langsung ganti domain. Padahal nama domain adalah investasi jangka panjang, kalau tidak ramai pengunjung, jangan salahkan domainnya tapi salahkan strategi digital marketing.

  • Mudah Diucapkan Dan Dieja

Ini juga bagian yang penting, mudah diucapkan dan mudah dieja adalah point plus dalam pemilihan domain.

Dan satu hal penting, usahakan pilih domain yang masih tersedia .com-nya. Meskipun Anda mau pakai domain .id, misalnya, mengamankan domain .com rasanya masih perlu. Untuk jaga-jaga nama Anda tidak diambil oleh orang lain.

Anda punya tips memilih nama domain lain? Be sure to share your thoughts in the Comments section below!