Google memodifikasi aplikasi penyimpanan cloud Drive miliknya dengan fitur Backup dan Sync, sehingga bisa dipakai untuk mengamankan dan menyimpan seluruh data dalam komputer desktop atau laptop.

Biasanya pengguna harus memindahkan file miliknya ke dalam folder Google Drive untuk melakukan sinkronisasi. Namun hal tersebut berubah dengan adanya fitur baru ini.

Backup and Sync membuat seluruh data yang ada di dalam komputer, folder atau berbagai lokasi spesifik lainnya, bisa dimonitor dan disalin ke dalam Google Drive.

Selain itu, fitur Backup and Sync juga dapat digunakan untuk memonitor dan membuat salinan foto atau gambar. Ini mirip dengan fungsi aplikasi desktop Google Photos.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi mengunduh Google Photos dan Drive sekaligus. Cukup memasang satu Google Drive saja untuk bisa mendapatkan fitur sinkronisasi dokumen serta foto.

Rencananya Backup and Sync ini akan mulai diluncurkan pada 28 Juni mendatang untuk MacOS dan Windows. Perilisan tahap awal itu hanya ditujukan untuk konsumen umum dan belum bisa diakses oleh pelanggan Google Drive edisi perusahaan (G Suite).

Walaupun Google Drive bisa dipakai untuk membuat backup seluruh data di komputer, layanan cloud itu memiliki kapasitas penyimpanan terbatas. Pengguna hanya mendapatkan 15 GB gratis, sedangkan untuk memperbesarnya perlu membayar biaya berlangganan.

Ini adalah salah satu gerakan pintar dari Google dengan fitur yang cukup praktis dalam mem-backup file. Sebelumnya juga sudah banyak permintaan dari para pengguna DropBox untuk menambahkan fitur seperti ini, tetapi masih belum ada kabar dari DropBox. User masih harus menaruh filenya secara langsung pada folder lokal aplikasi DropBox.

Sumber: 

http://tekno.kompas.com/read/2017/06/15/15150027/google.drive.bakal.bisa.backup.seluruh.isi.komputer