Sistem Operasi CloudLinux dirancang khusus untuk digunakan oleh penyedia jasa layanan shared hosting. CloudLinux ini dibuat di atas kernel OpenVZ dan sangat kompatibel dengan CentOS.

CloudLinux dirancang untuk meningkatkan stabilitas server, meningkatkan keamanan server dan membuat isolasi antar tenan yang ada di dalam server.

Dalam melakukan isolasi antar tenan, CloudLinux membatasi penggunakan resources dan juga mengoptimalkan database. Fitur utama dari CloudLinux adalah LVE yang merupakan kependekan dari Lightweight Virtual Environment.

LVE (Lightweight Virtual Environment) membuat suatu lingkungan terpisah yang memiliki CPU sendiri, Memory sendiri, IO, IOPS, jumlah proses dan batasan-batasan lain.

Upgrade ke CLoudLinux dari CentOS dan dilakukan menggunakan script cldeploy yang akan melakukan instalasi kernel, perubahan repository dan melakukan instal paket dasar yang memungkinkan LVE bekerja. Tentu saja sesudah aktivitas ini maka kita perlu melakukan reboot.

Dengan cara ini maka kita dapat mencegah suatu account mengambil banyak sumber daya server. Ini berarti mencegah suatu account membuat aktivitas yang mengganggu kinerja server.

CloudLinux juga membuat semacam cage atau kurungan pada setiap tenant untuk mencegah keamanan yang bocor. Dengan cara ini mencegah malware untuk berkembang ke pelanggan-pelanggan kita dan dengan cara ini kita dapat memberikan batasan untuk pelanggan yang menyalah-gunakan server kita, dan menyediakan pelanggan yang baik sesuai kebutuhan mereka. Suatu pengguna yang sudah mencapai batas tertentu tidak mengganggu pelanggan yang lain.

Dengan cara ini maka pelanggan lain akan merasa nyaman-nyaman saja menggunakan layanannya. Jika sebagian besar pelanggan merasa nyaman maka akan sangat mengurangi biaya support dan ini tentu kabar yang baik bagi shared hosting provider.

Teknologi CageFS secara unik akan membungkus setiap pelanggan, mencegah pelanggan untuk bisa melihat pelanggan lain ataupun untuk melihat informasi yang sensitif. Fitur ini akan menurunkan tingkat aktivitas penyerangan suatu akun ke akun  lain dalam satu server.

CloudLinux juga meningkatkan pelanggan yang menggunakan bahasa pemrograman PHP. CloudLinux juga mempunyai SecureLinks yang mencegah penyerangan menggunakan symbolic link.