Sebelum Anda mulai melakukan transfer domain, pastikan Anda telah memahami arti dari transfer domain, syarat dan prosesnya.

Transfer domain merupakan salah satu proses pemindahan domain dari registrar (penyedia layanan domain) lama ke registrar baru. Proses pemindahan domain ini sering dilakukan karena berbagai hal misalnya registrar lama pelayanannya kurang bagus, ingin menggabungkan domain dan hosting di satu registrar, pemindahan kepemilikan domain dan sebagainya.

Jadi, apabila Anda memiliki domain di registrar lain dan ingin memindahkannya ke AWKHOST dapat dengan mudah dilakukan melalui transfer domain.

Syarat Tertentu Dalam Melakukan Transfer Domain?

Tentu saja ada. Hal ini dikarenakan proses pemindahan domain terjadi antara dua registrar yang berbeda. Sehingga, memerlukan syarat tertentu dalam melakukan pemindahan domain. Adapun syaratnya yaitu,

  • Memastikan bahwa pihak registrar baru memiliki domain TLD yang sama dengan yang anda miliki. Biasanya, sebagian besar registrar support domain yang termasuk dalam gTLD dan .id. Untuk mengetahui apa saja yang termasuk dalam domain gTLD maka dapat dibaca di Domain TLD.
  • Domain tidak expired
  • Domain yang akan ditransfer tidak boleh dalam keadaan lock
  • Masa aktif domain minimal 60 hari dari tanggal registrasi.
  • Email pemilik domain harus dalam keadaan aktif. Email ini merupakan alamat email yang dulu digunakan untuk mendaftar domain. Anda dapat mengecek domain beserta alamat emailnya di WHOIS. Pastikan alamat email tersebut aktif.
  • Pemilik domain harus memiliki Kode EPP.

Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Melakukan Transfer Domain

3 (tiga) hal yang perlu dipersiapkan sebelum Anda melakukan transfer domain, yaitu:

  • Pastikan nama domain harus dalam keadaan UNLOCK (tidak dikunci). Anda dapat melakukan pengecekan di client area registrar lama. Pada halaman kelola domain di tab Registrar Lock. Pastikan statusnya TIDAK AKTIF (DISABLE).
  • Pastikan WHOIS Protection atau ID Protection harus dalam keadaan DISABLE (dimatikan). Anda dapat melakukan pengecekan di client area registrar lama. Pada halaman kelola domain di tab Addons. Pastikan ID Protection statusnya TIDAK AKTIF.
  • Pastikan telah mengetahui Kode EPP untuk transfer domain. Anda dapat melakukan pengecekan di client area registrar lama. Pada halaman kelola domain di tab Management Tools, pilih Kode EPP.

Bagaimana Cara Melakukan Transfer Domain Ke AWK HOST?

Buka halaman Client Area di https://my.awkhost.web.id.

Kalau Anda belum menjadi members, silahkan Register Disini. Khusus Anda yang sudah jadi member, Anda bisa langsung ikuti video panduan dibawah ini.

Transfer domain merupakan proses pemindahan domain dari registrar lama ke registrar baru. Sebelum melakukan transfer domain, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Hanya di AWKHOST, Anda dapat melakukan proses pemindahan domain secara langsung, mudah dan cepat selama persyaratan sudah dilengkapi.