Penyedia perangkat lunak panggilan berbasisi video, Zoom, pada hari Rabu (14/10/2020) mengumumkan bahwa pengguna zoom akan bisa menawarkan tiket berbayar acara virtual langsung yang dapat dijual kepada orang-orang.

Dengan menghadirkan OnZoom, Marketplace untuk event zoom, menjadikan Zoom lebih dari sekadar pesaing bagi orang-orang seperti Google dan Microsoft .

Zoom membangun eksposur yang telah dinikmati tahun ini dengan timbulnya virus korona dan menerobos masuk wilayah (bersiang langsung) perusahaan yang menjual tiket untuk acara langsung, termasuk Eventbrite dan Live Nation.

Perusahaan-perusahaan tersebut baru-baru ini menjadikan acara online sebagai fokus, setelah pesanan di tempat penampungan di seluruh dunia membatasi acara secara langsung. Tetapi tidak seperti kebanyakan pesaing tiket langsung tersebut, Zoom tidak akan memotong penjualan tiket – setidaknya tidak selama periode pengujian publik OnZoom, yang diperkirakan akan berlangsung setidaknya hingga 2020.

Yang dalam arti sederhananya, perusahaan penjualan tiket biasanya memotong biaya tiket atau memiliki fee yang dikenakan kepada penyelenggara, sedangkan Zoom tidak memotong biaya apapun.

APAKAH SUDAH BISA DINIKMATI DI INDONESIA?

Untuk saat ini, pengguna Zoom harus memiliki langganan berbayar dan berlokasi di Amerika Serikat (US) untuk membuat acara tunggal atau berulang melalui OnZoom, dan orang-orang harus memiliki akun Zoom dan berlokasi di Amerika Serikat untuk bergabung dalam acara tersebut.

Layanan ini akan tersedia secara global pada tahun 2021. Zoom menerima pembayaran dengan kartu kredit atau PayPal .

Jumlah orang yang dapat hadir didasarkan pada tingkat langganan Zoom penyelenggara. Penyelenggara dapat mengadakan acara secara gratis atau meminta peserta untuk menyumbang ke lembaga nonprofit tertentu jika mereka mau.

Resources: https://www.andhikawijayakurniawan.com/startups-zoom-akan-mengeluarkan-fitur-tiket-berbayar-untuk-acara-online.html